Di Indonesia terdapat bermacam-macam jenis dan merk kanebo dengan keunggulannya masing-masing. Menurut sejarah, kain kanebo dikenalkan pertama kali di Eropa pada tahun 1994. Setelah itu terdapat sebuah perusahaan di Tokyo, Jepang (Aion Co., Ltd.) yang memproduksi kain plas charmois dengan brand Kanebo.

Asal Mula Kanebo Masuk ke Indonesia

Nama kanebo itulah yang dikenal oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini. Susunan material pada lap kanebo menjadikan teksturnya sangat halus sehingga aman untuk membersihkan permukaan kendaraan.

Fungsi dari kanebo sendiri mirip dengan kain lap. Namun, secara lebih spesifik bahan dari kanebo yang lebih menyerap air akan bisa membuat bagian apapun yang dilap lebih mudah untuk kering. Oleh karena itulah, di Indonesia sendiri kanebo merupakan produk yang sangat umum dibawa oleh pengendara kendaraan.

Curah hujan di Indonesia yang tinggi menyebabkan banyaknya kebutuhan atas kanebo. Mengapa demikian? Karena kanebo akan dapat dengan cepat membersihkan dan terutama mengeringkan bagian kendaraan yang basah. Misalnya kaca, jok dan spion.

Pastinya, sebelum beraktifitas sangat penting untuk memastikan kendaraan sudah kering, terutama motor. Karena, jika duduk di atas jok yang basah selepas hujan pastinya tidak nyaman sekaligus bisa menyebabkan baju menjadi kotor maupun basah.

Jenis Kanebo yang Diproduksi di Indonesia

Masyarakat biasa menggunakan kanebo untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari seperti mencuci kendaraan, membersihkan perabotan rumah tangga, membersihkan sepatu, hingga mengeringkan tubuh hewan.

Telah banyak pabrik kanebo yang beroperasi di Indonesia. Sehingga tak sulit untuk menemukan lap kanebo di toko-toko maupun swalayan terdekat. Harga yang ditawarkan tiap kanebo pun bervariasi, tergantung bahan dan kualitas produk.

Produsen lap kanebo telah memproduksi kanebo sesuai permintaan dan kebutuhan konsumen dengan menyesuaikan berat, tingkat kerapatan tenunan, dan penyesuaian lainnya meski fungsi dan kegunaannya secara umum sama.

1. Lap Chamois

Terdapat tiga jenis bahan dasar lap kanebo. Pertama bahan chamois yang dirancang untuk dapat menyerap air lebih banyak dibanding bahan lap biasa. Chamois biasanya digunakan untuk membersihkan bodi kendaraan setelah dicuci. Untuk membersihkan kain chamois, dapat direndam secara berulang-ulang atau disemprot menggunakan air bertekanan tinggi hingga kotoran hilang.

Hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan lap ini adalah harus menyimpan lap dalam keadaan setengah basah. Langkah ini bertujuan agar bahan sintetik tidak berubah menjadi kering hingga berakibat pecah-pecah.

Penggunaan lap chamois dalam proses mencuci bodi kendaraan dengan direndam menggunakan air sabun tidak dianjurkan karena dapat merusak lapisan cat di permukaan bodi kendaraan. Lap chamios dapat digunakan sebagai finishing yaitu untuk mengeringkan bodi kendaraan setelah dibilas bersih dengan air. Tujuannya  untuk mengurangi risiko debu dan kotoran menempel di kain lap dan menggores permukaan bodi motor.

Hal ini disebabkan lap chamois memiliki daya serap yang tinggi, bahkan air sabun yang telah melekat pun akan sukar dibilas saat lap digunakan untuk mengeringkan bodi kendaraan. Saat mencuci, dapat menggunakan spons untuk meratakan air sabun di permukaan bodi kendaraan.

2. Mikrofiber

Jenis lap kedua adalah mikrofiber yang memiliki bahan utama 70% polyester dan 30% polyamid. Kandungan kedua bahan ini membuat debu mudah menempel pada permukaan kain sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terjadi goresan pada bodi kendaraan ketika proses mencuci.

Cara perawatan lap mikrofiber adalah dengan mencuci kain hingga bersih tanpa menggunakan bahan pemutih dan pelembut. Hal ini disebabkan bahan kimia yang terkandung dalam pemutih maupun pelembut dikhawatirkan dapat menutupi celah benang pada lap mikrofiber. Celah benang yang bentuknya menyerupai kail ini berfungsi sebagai penarik debu dan kotoran dari permukaan lap.

3. Wash Mitt Mikrofiber

Jenis lap yang ketiga yakni wash mitt mikrofiber. Lap jenis ini dapat digunakan untuk mencuci bodi kendaraan dengan menggunakan air. Perawatannya pun terbilang lebih mudah dibanding jenis lainnya dan dapat dicuci menggunakan mesin cuci.

Penggunaan lap mikrofiber bukan bertujuan untuk mengelap bodi kendaraan, melainkan untuk menyerap air. Permukaan lap mikrofiber memiliki kemampuan menangkap debu lebih baik sehingga dapat mengurangi risiko goresan pada cat kendaraan.

Pabrik Kanebo Terpercaya

Pabrik Kanebo di Jakarta

Saat ini, di Indonesia terdapat banyak pabrik kanebo. Namun, perusahaan produsen sekaligus supplier kanebo berserat terbesar di Indonesia adalah PT. Maxindo Inti Calson. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang telah berpengalaman bergerak dibidang merchandise, promosi dan branding outdoor indoor, serta event organizer untuk kegiatan promosi berbagai perusahaan swasta dan BUMN Indonesia. Perusahaan ini bertempat di Kota Tangerang.

PT. Maxindo Inti Calson tak hanya menjadi produsen dan supplier kanebo berserat saja, melainkan juga melayani permintaan custom desain kemasan produk kanebo. Produk-produk yang dihasilkan unik dan berbeda dengan yang ada di pasaran. Segera hubungi nomor telepon atau Whatsapp yang tertera di official website PT. Maxindo Inti Calson untuk konsultasi mengenai produk lebih lanjut.


Untuk Pemesanan Dapat Menghubungi Customer Service Kami di Telp / Whatsapp

Categories: Artikel